Terima kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi

Jumat, 27 Januari 2012

Cara Menangani “Consider Replacing Your Battery” Pada Windows 7

Bagi Anda pengguna laptop dengan sistem operasi Windows 7, cepat atau lambat Anda pasti akan mendapatkan notifikasi “consider replacing your battery” disertai dengan munculnya tanda silang merah di ikon baterai yang ada di system tray. Notifikasi yang muncul ketika Windows 7 “menganggap” baterai laptop Anda sudah saatnya diganti.
Cara Menangani Consider Replacing Your Battery Pada Windows 7 Image
Perlu diketahui bahwa notifikasi ini muncul ketika Windows 7 mendeteksi bahwa kapasitas baterai laptop Anda sudah kurang dari 40% kapasitas seharusnya, dan karenanya sudah selayaknya diganti. Namun demikian, sudah banyak laporan dari pengguna Windows 7 di berbagai pelosok dunia yang menyatakan bahwa kadangkala Windows 7 salah dalam mendeteksi kapasitas baterai laptop. Bahkan pernah ada seorang pengguna yang sudah mengganti baterai laptopnya dengan yang baru namun masih tetap mendapatkan notifikasi ini.
Terlepas dari akurat tidaknya Windows 7 dalam mendeteksi kapasitas baterai laptop, rasanya kita sepakat bahwa baterai laptop adalah barang yang mahal. Jadi selama masih bisa digunakan dengan baik (walaupun sudah kurang dari 40% kapasitas ideal), ya tidak perlu diganti. Saya pribadi beranggapan bahwa selama baterai laptop masih bisa bertahan di atas 30 menit maka belum saatnya diganti.
Apabila Anda mengalami masalah “consider replacing your battery” seperti di atas, Anda tidak perlu panik ataupun buru-buru merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli baterai laptop baru. Ada suatu cara sederhana untuk menghilangkan notifikasi yang mengganggu tersebut. Berikut langkah-langkahnya:
  • Charge baterai anda sampai full (99% – 100%), setelah itu matikan laptop Anda. Sampai tahap ini jangan dulu cabut charger-nya.
  • Hidupkan laptop Anda lalu tekan F8 berulang-ulang sampai muncul menu Advanced Boot Options. Pilih Safe Mode.
Cara Menangani Consider Replacing Your Battery Pada Windows 7 Image
  • Setelah sudah masuk ke dalam Windows Safe Mode, barulah cabut charger baterai laptop Anda.
Cara Menangani Consider Replacing Your Battery Pada Windows 7 Image
  • Biarkan saja laptop menyala sampai mati sendiri karena baterainya benar-benar habis. Sangat disarankan untuk tidak mengoperasikan laptop Anda selama proses ini. Biarkan saja sampai laptop mati sendiri.
  • Setelah mati, pasang kembali charger laptop Anda, lalu nyalakan kembali laptop Anda dengan normal. Hasilnya…semua kembali normal! Notifikasi “consider replacing your battery” dan tanda silang merah di icon baterai tidak muncul lagi.
Cara Menangani Consider Replacing Your Battery Pada Windows 7 Image
Teknik di atas pada dasarnya adalah suatu cara untuk mengkalibrasi kapasitas baterai laptop Anda. Dengan menjalankan laptop mulai dari kondisi awal baterai penuh (kapasitas 100%) sampai benar-benar habis (kapasitas 0%), maka Windows 7 jadi “tahu” kapasitas sebenarnya (real capacity) dari baterai laptop, dan secara otomatis men-setting ulang parameter-parameter yang berkaitan dengan baterai laptop tersebut.
Cara ini sudah dicoba ke 2 laptop berbeda, yaitu HP dan Acer, dan terbukti keduanya berhasil dengan sukses. Jadi, Anda sekarang tidak perlu bingung lagi apabila mendapat notifikasi “consider replacing your battery” di laptop Anda.
Catatan
Berdasarkan penjelasan engineer Windows 7 dalam salah satu rilis resmi di website Microsoft, dijelaskan bahwa sebenarnya notifikasi ini awalnya diniatkan untuk menjadi salah satu fitur andalan di Windows 7 (hal ini tidak ada di Windows XP ataupun Windows Vista), yang tujuannya adalah untuk memberi tahu pengguna bahwa baterai laptopnya sudah aus dan karenanya sudah waktunya diganti.
Namun pada kenyataannya, banyak pengguna Windows 7 yang merasa terganggu dengan munculnya notifikasi ini. Sebagian ada yang memperdebatkan bahwa batas (threshold) 40% dinilai terlalu besar mengingat pada kapasitas 30%-an dari kapasitas ideal pun baterai laptop umumnya masih sanggup bertahan sekitar 1 jam, dan ini dirasa masih cukup memadai bagi pengguna laptop. Selain itu harga baterai laptop yang lumayan mahal membuat banyak pengguna enggan mengganti baterai laptopnya kecuali kalau sudah benar-benar rusak.
Namun tak sedikit pula yang menganggap “fitur” ini sebagai bug, mengingat banyaknya kasus dimana Windows 7 terbukti salah dalam mendeteksi kapasitas sebenarnya dari baterai laptop. Saya pribadi termasuk yang menganggap hal ini sebagai bug! Mengapa? Karena ketika laptop HP saya mendapat notifkasi ini saya melakukan pengujian dengan men-charge baterai sampai penuh kemudian masuk ke Windows normal (bukan Safe Mode) lalu memilih option Power Saver dan mendiamkannya.
Hasilnya, hanya dalam waktu 48 menit laptop saya sudah mati (baterai habis). Ketika sudah saya kalibrasi dan notifikasinya sudah hilang, saya lakukan hal yang sama. Saya charge sampai penuh kemudian masuk Windows normal lalu memilih Power Saver dan mendiamkannya. Hasilnya sungguh berbeda! Butuh waktuh 1 jam 24 menit sebelum akhirnya laptop saya mati karena daya di baterai habis. Jadi ada beda sekitar 40 menit disini, dan menurut saya selisih 40 menit ini sungguh sangat signifikan.
Kesimpulannya: Microsoft nampaknya memang masih harus banyak kerja keras untuk memperbaiki bugconsider replacing your battery” ini.

Kamis, 26 Januari 2012

Cara memasukkan Blog / Website ke Google dan Yahoo (search enginers)

Ada banyak cara untuk memperkenalkan website/blog kita kepada orang lain, salah satunya dengan memasukkan kedalam mesin pencari, berikut merupakan cara untuk memasukkan blog di google atau mesin pencari (search enginers) Adapun tujuan blog/website di daftarkan ke mesin pencari seperti google dan yahoo..? yakni Agar blog atau website kita terindeks di database mesin pencari tersebut! Kalau sudah terindeks maka akan selalu dikaitkan dengan seseorang yang menggunakan google atau yahoo untuk mencari alamat web atau judul tertentu yang dijadikan sebagai kata kunci (key word) pencarian..
* Yang pertama akan dibahas cara mendaftarkan blog di mesin pencari (search enginers ) google :
pertama harus dilakukan adalah menghafal diskripsi / title blog kita, atau lebih gampangnya COPY judul blog dan deskripsi blog milik anda kemudian buka alamat di http://www.google.com/addurl/?continue=/addurl pada halaman “Share your place on the net with us” pada kotak teks ( URL : )nya, kemudian baru PASTEkan judul dan diskripsi blog milik sobat yang tadi di COPY, ke kolom yang kedua yang ada tulisannya ( COMMENTS : ), kemudian pada security image masukkan verifikasi kata yang tersedia di gambar ( gambar yang berisi huruf dan angka ) lalu tekan tombol ADD URL; selamat datang di dunia blogger, silahkan bersaing dengan blogger lainnya untuk menjadi dan mendapatkan rangking satu di search enginers google.. good luck.. !
* Yang kedua adalah cara mendaftarkan blog kita ke search enginers yahoo, Untuk pendaftaran ke search enginer yahoo ini agak sedikit rumit syaratnya.. tapi ikuti saja syarat dari om yahoo.. Pertama anda harus login ke yahoo dulu pake account yahoo kalau belum ada ya buat/daftar dulu, Setelah login di yahoo dan yang pasti pakai account atau ID yahoo, sobat buka dan masuk di https://siteexplorer.search.yahoo.com/submit, kemudian masukan nama url blog sobat di kolom yang pertama di sebelah kata SUBMIT URL, contoh url : http://biofir-acces.blogspot.com. Kemudian di kolom yang kedua sobat isikan alamat url feed sobat, apa itu feed..? ( ini contoh feed : atom.xml ). contoh alamat url feed : http://biofir-acces.blogspot.com/atom.xml . intinya alamat url feed adalah di belakang alamat url sobat tinggal tambahkan ( /atom.xml ) kemudian tekan tombol SUBMIT FEED .
* Yang ketiga sebagai pelengkap tips SEO, maka saya merekomendasikan anda untuk mengiklankan blog anda di web / blog iklan baris, yang pasti gratis… karena web / blog iklan baris ini menggunakan sistem POSTING yang mana hal ini sangat disukai oleh mesin pencari seperti google, apa lagi jika anda rajin submit blog…wah pasti blog anda akan di index oleh mesin pencari… ni dia web blog nya, http://iklanbarisgratis.info, www.infogue, www.ex-iklan.net23.net ( menggunakan sistem AUTO APPROVE, iklan anda langsung terpublikasi tanpa menunggu di approve oleh admin ) dan yang ini adalah sistem manualnya www.ex-iklan.blogspot.com , selamat mencoba ya…
Sekarang anda sudah bisa nampang di dunia maya. Untuk sementara baru dua mesin pencari yang dibahas, inipun kayaknya udah sipz bgd, coz dua search engine ini sangat terkenal di dunia dan di indonesia dan sering dipakai. jika diantara sobat ada yang masih bingung dengan cara memasukkan alamat URL nya silahkan tinggalkan pesan dibawah postingan ini, dan saya akan coba membantu..

Cara Membuat Tanggal Awal & Akhir pada Laporan Dengan Cristal Report

Plih menu Inset – Grand total 
Pilih Field Tanggal  
Pada Insert a Field which calcolate the  pilih
Maximun : Untuk mencari nilai tertinggi (Tanggal terbaru/ tanggal awal)
Minimum : Untuk mencari nilai terendah (Tanggal lama / Tanggal Akhir)
OK

Membuat Mencari Tanggal Maksimal dan Minimal Cara 2

Pilh menu Insert Field Object

Plih Formula Field – Click Kana NEW

Pada Formula Name Isikan nama Formul (Ex: MinTGL) – OK

Pilh Funcitions – Summary – Minimum(Fld)

Pilh Field yang ingin di cari niali minimumnya

Atau ketikan kode berikut

Minimum ({Nama_Tabel.Nama_Field})
 
Fungsi tool Furmula Editor
 
Membuat group

Pilh menu Inset Grup

Pada Inser Group Dialog pilih Field Primarykey-nya - OK
 
Ctt :Jika anda ingin membuat grup Tanggal pilih Field tanggal


 
Untuk membuat sub total anda tinggal pilih menu Inser –SubTotal

 
Hasilya



Cara Membuat Laporan Cristal Report dengan Database Acces mengunakan password

Aktifkan Cristal Report yang sudah anda install
Pilih Using the Report Expet
Pilih Standar - OK
 
pilih Databse
Pada Data Explorerpilih Databse file -> Find Database FileADD
Pilih database nya – Open
> Akan muncul InputBox isikan password database nya
> Pilih table nya kemudian Click ADD>Akan muncul lagi - InputBox isikan password database nya

Setelah selesai memilih tabelnya untuk di buat laporan dengan Crstal repot Click Close
Akan Muncul dialog standar Expert Click
-Next
Pilih Filed yang ingin di tampilkan di Laporan
Dengan mengclick  Add-> atau Add ALL ->>

Pilih menu Next – NextNextNext
Pada title isikan nama laporan (Ex : Laporan Harian) – click Finish
Buat rancangan sesuai keinginan anda
Ex :
Fungsi tool berikut
Untuk mebuat Grand total Pilih menu Insert – Grand Total
Pilih kolom table yang ingin di total
Pada which calcolate then = Sum (Ctt :Hanya bisa untuk typer data Corrency)

Merubah Format Field Total 
Click Kana pada Field total – Pilh Format Field
Akan Muncul Jendela Format Editor
Pilih Coustumize
Pada Custum Style – Tab Number
Decimal Sparator ganti dengan koma (,)
Pada Syimbol Ganti dengan titik (.)
Pada Negativer  pilih format :  -123Pada Decimals  plih  : 1.00
Pada Tab Corrency Simbol
Ganti Corency Simbol$” menjadi “Rp
Beri Conteng pada Fixed


Kemudia Ok - OK
Hasilnya

Download Actikel Lengkaap Nya : Cristal Report 8.5 Db Acces Berpassword
Halaman Selanjutnya Cristar Report Database Acces Berpassword

membuat laporan (data report) pada visual basic

MEMBUAT LAPORAN (REPORT) DENGAN VISUAL BASIC

A. Membuat Laporan (Report)
Laporan digunakan sebagai sarana untuk menampilkan hasil pengolahan data, baik tampilan di layar maupun di kertas melalui printer. Pada pemrograman visual basic, laporan dapat dibuat dengan fasilitas Cristal Report (diinstal tersendiri) maupun dengan Data Report (bawaan standard). Pada bahasan di bawah ini laporan dibuat engan menggunakan Data Report.
a)      Persiapan
Untuk membuat laporan dengan Data Report, dapat dilakukan dengan cara menambahkan objek Data Report pada project, yaitu :
-          Tampilkan menu Project
-          Klik pilihan Add Data Report, sehingga akan ditampilkan desain laporan.
Sebelum melanjutkan untuk merancang laporan yang diinginkan, ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan yaitu :
1)      Menetapkan Data Enviroment (Lingkungan Data)
Untuk membuat Data Environment lakukan langkah-langkah sbb :
-          Klik kanan pada jendela Project
-          Pilih Add
-          Pilih Data Environment, sehingga akan ditampilkan layar seperti gambar di bawah ini :




Gambar 47 : Kotak Dialog Data Environment
Untuk masing-masing nama (DataEnvironment1 dan Connection1) dapat dirubah namanya melalui properties.
-          Buat koneksi data agar bisa dihubungkan dengan Database yang akan digunakan untuk pembuatan laporan. Caranya adalah dengan klik kanan pada Connection1, lalu pilih Properties, sehingga akan ditampilkan jendela seperti gambar di bawah ini.

Gambar 48 : Kotak Dialog Link Database
-          Klik pilihan Microsoft Jet 4.0 OLE DB Provider, lalu klik tombol Next, sehingga akan ditampilkan jendela di bawah ini




Gambar 49 : Kotak Dialog Koneksi Database
-          Ketikkan nama database yang digunakan (pada posisi kursor saat ini) atau klik tombol titik tiga sehingga memudahkan dalam menentukan database yang dimaksudkan. Setelah database selesai ditetapkan, maka untuk mencoba koneksi bisa diklik tombol Test Conection. Jika dinyatakan sukses, maka langkah selanjutnya dapat dilakukan dengan mengklik tombol OK.
2)      Membuat Sumber Data (Tabel/SQL yang akan digunakan)
Untuk mempersipkan sumber data yang akan digunakan, maka lakukan langkah-langkah di bawah ini.
-          Klik kanan pada bagian Connection1
-          Pilih Add Command, sehingga akan ditambahkan satu nama untuk sumber data yaitu Command1. Nama ini dapat dirubah pada properties. (setiap kali ingin menambah sumber data lakukan hal yang sama seperi di atas)
-          Tentukan sumber data dengan klik kanan pada Command1, lalu pilih Properties sehingga akan ditampilkan kotak dialog seperti gambar di bawah ini.




Gambar 50 : Kotak Dialog Properties Pembuatan Sumber Data
Sumber data dapat berupa tabel atau sql. Jika sumber data adalah tabel, maka klik Database Object lalu pilih Table. Setelah itu pada bagian bawahnya pilih nama tabel yang akan digunakan. Jika sumber data adalah query maka klik SQL Statement, lalu tulis SQL yang dibutuhkan. Untuk memperjelas keadaan dari dua alternatif di atas dapat dilihat gambar di bawah ini.




Gambar 51 : Sumber Data Berupa Tabel

Gambar 52 : Sumber Data Berupa SQL
-          Setelah selesai menentap Tabel atau SQL, klik tombol Apply.
-          Apabila laporan yang dibuat adalah mengambil seluruh data pada tabel seperti contoh di atas, maka proses sudah selesi dengan mengklik tombol OK. Tapi jika laporan yang dibuat agak bervariasi, misalnya menampikan data tertentu atau menampilkan data dengan kelompok tertentu, maka dapat ditindak lanjuti dengan menetapkan beberapa hal pada kotak dialog di atas.
b)      Proses Pembuatan
Setelah persiapan-persiapan atau kelengkapan dari pembuatan laporan sudah dilakukan, maka proses pembuatan dapat dilakukan. Ada dua tahapan yang perlu dilakukan supaya laporan bisa terwujud yaitu mengatur properties dan membuat rancangan (desain) laporan. Untuk keperluan tersebut kembali dulu ke tampilan rancangan report. Jika masih dalam tampilan Environmet, maka tutup dulu tampilan tersebut.
1)      Mengatur properties laporan




Gambar 53 : Layar Desain Laporan
Pada saat tampilan desain report seperti di atas, maka atur propertiesnya yaitu DataSource dan DataMember.
-          Mengatur DataSource
Klik properti DataSource, lalu pilih sesuai dengan nama Environment (pada contoh di atas namanya adalah Environment1)
-          Mengatur DataMember
Klik properties DataMember, lalu pilih nama sumber data ysng digunakan (pada contoh di atas menggunakan Command1).
Properties yang lain dapat diatur, misalnya batas kiri laporan (Left Margin), batas kanan laporan (Right Margin), batas atas laporan (Top Margin), dan batas bawah laporan (Bottom Margin).
2)      Membuat desain laporan
Untuk membuat rancangan laporan dapat digunakan kontrol-kontrol yang sudah disediakan. Untuk penerapannya sama seperti dalam perancangan form. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Gunakan kontrol Label (RptLabel) untuk membuat tampilan berupa keterangan seperti judul dan sebagainya. Atur propertiesnya terutama Caption.
  2. Gunakan kontrol text (RptTextbox)  untuk menampilkan data berupa field dan letakkan pada bagian Detail. Properties yang diatur adalah DataMember (sesuai nama sumber datanya) data DataField (sesuai dengan field-field yang akan ditampilkan)
  3. Gunakan kontrol fungsi (RptFunction) untuk menampilkan perhitungan seperti penjumlahan dan letakkan pada bagian Report Footer. Properties yang diatur adalah DataMember (sesuai nama sumber datanya) data DataField (sesuai dengan field-field yang akan ditampilkan)
  4. Gunakan kontrol Shape (RptShape) untuk membuat kotak atau kolom-kolom pada laporan.
  5. Gunakan kontrol Line (RptLine) untuk membentuk garis pada laporan.
  6. Gunakan kontrol Image (RptImage) untuk menampilkan gambar pada laporan. Properties yang diatur adalah properties Picture.
c)      Menjalankan/Memanggil Report
Untuk memanggil/menjalankan report dapat dilakukan dengan dua bentuk, yaitu laporan yang akan ditampilkan di layar dan laporan yang akan dicetak.
1)      Memanggil/Menjalankan laporan untuk layar
DataReport1.Show
2)      Memanggil/Menjalankan laporan yang akan dicetak
DataReport1.PrintReport
Catatan :
DataReport1 adalah nama laporan.
Perintah tersebut dituliskan pada tombol peritah yang sesuai.
d)     Contoh Penerapan
Di bawah ini adalah database sederhana dari administrasi perhotelan. Beri saja nama database ini dengan DATAHOTEL.MDB. Diminta untuk membuat laporan tentang daftar tamu yang menginap dengan pilihan (semua, tanggal tertentu, bulan tertentu, tahun tertentu.




Gambar 54 : Relasi Antar Tabel Database Sederhana
Penyelesaian :
1)      Rancang terlebih dahulu database dengan menggunakan Microsoft Access
2)      Buat seluruh tabel dan tentukan jenis field dan kunci jika ada.
3)      Buatlah Query agar memudahkan dalam menghasilkan informasi yang lengkap, khusus untuk penginapan yang menggabungkan tabel Inap, tabel Tamu, tabel Petugas, tabel Kamar dan tabel Jeniskm. Simpanlah Query tersebut dengan nama Qinap. Setelah database selesai, jangan lupa untuk melakukan proses Convert Database.
4)      Buatlah project untuk menghasilkan aplikasi yang diinginkan.
5)      Buatlah laporan dengan menambahkan Objek Data Report ke dalam project.
6)      Lakukan persiapan laporan dengan membuat Data Environment
7)      Tetapkanlah koneksi data untuk membuat sumberdata
8)      Ciptakanlah 4 buah sumber data (klik kanan pada Connection lalu klik Add Command) karena laporan yang akan dihasilkan sebanyak 4 buah laporan. Nama masing-masingnya biarlah seperti aslinya (Command, Command2, Command3, dan Command4). Untuk masing-masing sumber data dibuat dengan SQL saja.
-          SQL pada Command1 (semua data)
Klik kanan pada Command1, lalu pilih Properties dan tulis SQL sbb :
Select * from QINAP
Klik Apply
-          SQL pada Command2 (data tanggal tertentu)
Klik kanan pada Command2, lalu pilih Properties dan tulis SQL sbb :
Select * from QINAP Where (tglmasuk = ?)
Klik Apply
Klik tab Parameters, klik tanda tanya yang muncul, lalu tulis nama parameter pada bagian Name dengan nama VTGL, klik Apply
Klik tab Group, tandai check box Group Command Object, klik field tglmasuk, pindahkan ke sebelah kanan dengan tombol arah kanan
Klik tombol OK
-          SQL pada Command3 (data bulan tertentu)
Klik kanan pada Command3, lalu pilih Properties dan tulis SQL sbb :
Select *, month(tglmasuk) as BULAN, year(tglmasuk) as TAHUN from QINAP Where (month(tglmasuk) = ? and year(tglmasuk) = ?)
Klik Apply
Klik tab Parameters, klik tanda tanya yang muncul. Tanda tanya pertama beri nama pada Name dengan VBULAN, tanda tanya kedua beri nama pada Name dengan VTAHUN, lalu klik Apply
Klik tab Group, tandai check box Group Command Object, klik field BULAN pindahkan ke sebelah kanan dengan tombol arah kanan, field TAHUN pindahkan kesebelah kanan dengan tombol arah kanan.
Klik tombol OK
-          SQL pada Command4 (data tahun tertentu)
Klik kanan pada Command3, lalu pilih Properties dan tulis SQL sbb :
Select *, year(tglmasuk) as TAHUN from QINAP Where (year(tglmasuk) = ?)
Klik Apply
Klik tab Parameters, klik tanda tanya yang muncul dan nama pada Name dengan VTAHUN, lalu klik Apply
Klik tab Group, tandai check box Group Command Object, field TAHUN pindahkan kesebelah kanan dengan tombol arah kanan.
Klik tombol OK
Catatan :
Penggunaan tanya (?) dalam SQL menunjukkan pada bagian itu akan diisi oleh parameter (nilainya tidak pasti) yang akan dikirim dari form pemanggilnya
Setelah selesai membuat SQL masing-masing sumber data, akan terlihat pada jendela Environment seperti terlihat pada gambar di bawah ini.




Gambar 55 : Jendela Environment
Tutup jendela di atas supaya kembali ke desain report.
9)      Rancanglah 4 buah laporan untuk masing-masing sumber data yang telah dibuat. Hubungkan dengan sumber data yang sesuai.
10)  Rancanglah form untuk menjalankan report yang telah dibuat dengan rancangan seperti gambar di bawah ini.

Gambar 56 : Rancangan Form Laporan
11)  Tulislah kode program pada form sebagai berikut :
Dim bl As Single
Private Sub Form_Load()
Option1.Value = True
thn.Text = Year(Date)
End Sub
Private Sub cmdlayar_Click()
Call cekbulan
If Option1.Value = True Then
If DataEnvironment1.rsCommand1.State = adStateOpen Then
DataEnvironment1.rsCommand1.Close
DataEnvironment1.rsCommand1.Open
If DataEnvironment1.rsCommand1.RecordCount = 0 Then
MsgBox “Data belum ada atau tabel masih kosong!”
Else
DataReport1.Show
End If
ElseIf Option2.Value = True Then
If DataEnvironment1.rsCommand2_Grouping.State = adStateOpen Then
DataEnvironment1.rsCommand2_Grouping.Close
DataEnvironment1.command2_Grouping tgl.Value
If DataEnvironment1.rsCommand2_Grouping.RecordCount = 0 Then
MsgBox “Data belum ada atau tabel masih kosong!”
Else
DataReport2.Show
End If
ElseIf Option3.Value = True Then
If DataEnvironment1.rsCommand3_Grouping.State = adStateOpen Then
DataEnvironment1.rsCommand3_Grouping.Close
DataEnvironment1.command3_Grouping bl, Val(thn.Text)
If DataEnvironment1.rsCommand3_Grouping.RecordCount = 0 Then
MsgBox “Data belum ada atau tabel masih kosong!”
Else
DataReport3.Show
End If
ElseIf Option4.Value = True Then
If DataEnvironment1.rsCommand4_Grouping.State = adStateOpen Then
DataEnvironment1.rsCommand4_Grouping.Close
DataEnvironment1.command4_Grouping Val(thn.Text)
If DataEnvironment1.rsCommand4_Grouping.RecordCount = 0 Then
MsgBox “Data belum ada atau tabel masih kosong!”
Else
DataReport4.Show
End If
End If
End Sub
Private Sub cmdselesai_Click()
Unload Me
End Sub
Public Sub cekbulan()
If bln.Text = “Januari” Then
bl = 1
ElseIf bln.Text = “Februari” Then
bl = 2
ElseIf bln.Text = “Maret” Then
bl = 3
ElseIf bln.Text = “April” Then
bl = 4
ElseIf bln.Text = “Mei” Then
bl = 5
ElseIf bln.Text = “Juni” Then
bl = 6
ElseIf bln.Text = “Juli” Then
bl = 7
ElseIf bln.Text = “Agustus” Then
bl = 8
ElseIf bln.Text = “September” Then
bl = 9
ElseIf bln.Text = “Oktober” Then
bl = 10
ElseIf bln.Text = “Nopember” Then
bl = 11
ElseIf bln.Text = “Desember” Then
bl = 12
End If
End Sub
Private Sub Option1_Click()
Label2.Visible = False
tgl.Visible = False
Label3.Visible = False
bln.Visible = False
Label4.Visible = False
thn.Visible = False
End Sub
Private Sub Option2_Click()
Label2.Visible = True
tgl.Visible = True
Label3.Visible = False
bln.Visible = False
Label4.Visible = False
thn.Visible = False
tgl.SetFocus
End Sub
Private Sub Option3_Click()
Label2.Visible = False
tgl.Visible = False
Label3.Visible = True
bln.Visible = True
Label4.Visible = True
thn.Visible = True
bln.SetFocus
End Sub
Private Sub Option4_Click()
Label2.Visible = False
tgl.Visible = False
Label3.Visible = False
bln.Visible = False
Label4.Visible = True
thn.Visible = True
thn.SetFocus
End Sub
Keterangan :
Kode untuk tombol Cetak tidak disertakan pada listing di atas. Anda dapat membuat kodenya dengan meng-copy kode pada tombol Layar, lalu DataReport1.Show diganti dengan DataReport1.PrintReport. Sesuaikan juga untuk perintah yang lain.

Rabu, 25 Januari 2012

Membuat Login Form Dengan Visual Basic 6.0


 
Buat label dengan nama “User” dan “Password” setelah itu kita Buat 2 “text box” di samping “User” dan “Password”. Pada text box untuk user ganti namanya menjadi “txt1” lihat gambar 1. Nama dilakukan untuk pemanggilan. Nama tidak harus “txt1” supaya lebih mudah diingat. Jadi kamu boleh memberi nama apa saja asal kamu bisa lebih mudah mengingatnya. Dan pada text box untuk password kamu ganti dengan nama “txt2” lihat gambar 2. masih pada pada bagian password char kamu isi dengan tanda bintang. Itu digunakan ketika melakukan pengisian password semua tulisan menjadi “bintang”.lihat gambar 3.

                  Gambar 1


      
                Gambar 2

                   Gambar 3
Setelah anda melakukan kegiatan diatas anda diwajibkan untuk membuat sebuah “command button” dengan nama Login. Lihat gambar dibawah ini.

Dan kamu klik 2 kali di command button tersebut, dan tulis script dibawah ini. Maksud dari kata kata dibawah ini adalah.
Jika “tx1” / text box pada user = “uzuma” dan “txt2” / text box pada password = “123456” maka tampilkan pesan “Password anda benar” jika tidak tampilkan pesan “Password Anda Salah”. “end if” yaitu digunakan untuk penutup perintah tersebut. Perintah.
Masih pada gambar diatas, pada bagian dibawah end if yang kutip dua tersebut untuk menghapus / clear setelah semua perintah selesai dilakukan. Misalkan kita sudah memasukan user dan password, dan mengklik OK pada pesan maka secara otomatis user dan password akan menjadi kosong kembali. Dan setfocus merupakan posisi tempat pengetikan awal. Pokoknya gitulah bingung gw jelasinnya gimana..haha ;)

Setelah semuanya telah kamu lakukan, coba deh kamu “run” tuh program, masukan user sama passwordnya. Terus klik login klo passwordnya bener munculnya seperti gambar diatas. Tapi klo salah dia akan tampil seperti gambar dibawah ini.



Wah akhirnya selesai juga, banyak yang bisa dilakukan dengan program diatas misalkan anda ingin membuat sebuah program dengan 2 form / lebih. Tapi untuk melewati form kedua / seterusnya kamu harus melewati form 1 dulu dengan memasukkan login / password dengan tujuan tidak semua orang bisa mengakses tu program. Jadi klo kejadian nya seperti itu kamu harus bikin 2 form/lebih, terus isi deh perintahnya.kalo mau tau caranya gimana tetep bersama Nightwalker Team.
Kyaknya itu aja buat semua penggemar vb soalnya gw dah banyak lupa, yang inget cuma ini belum sempet buat baca – baca lagi, maklum udah bawaan tua hehhee terus pelajaran waktu di SD jadi lupa – lupa inget.
Semoga nih tutorial bermanfaat bagi kita semua, Oke Keep Share And Learn.