Terima kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi

Sabtu, 19 Desember 2015

nama-nama preman palembang yang disegani dulu, tetapi sebagian sudah ada yang insyaf

1. Atai dari Bom Baru
Atai adalah preman yang paling terkenal dan paling ditakuti di palembang. Bom baru daerahnya tidak terlalu rawan kalau dari luar, tetapi bom baru daerah yang paling ditakuti di palembang. Pernah ada teman ane mau ditodong di bus kota di sekitar plaju, terus penodong itu nanya "balek mano kau", terus teman ane bilang "aku balek di bom baru", kemudian penodong itu ga jadi menodong teman ane. Atai mendapat proyek mengamankan dua lokasi perjudian ilegal di Palembang, yakni di Jalan Perintis Kemerdekaan dan Jalan Sayangan. Atai ini punya anak buah di bom baru yaitu Melky yang katanya kalau ada tawuran atau perkelahian, Melky ini yang paling maju duluan.

2. Mat Ijah dari Tanggo Buntung
Mat ijah merupakan preman besar paling di segani,terkenal dan di takuti di palembang selain Atai. Mat ijah tinggal di daerah tanggo buntung. Menurut ane tanggo buntung merupakan daerah paling seram di palembang, kalau agan ga percaya coba masuk aja kedaerah tanggo buntung. Di pinggir jalannya sama diliuarnya aja udah kelihatan preman-preman nongkrong apalagi didalam lorong-lorongnya. Karena daerah tanggo buntung ini memang daerah yang rata- rata penduduknya mempunyai sikap yg keras ( tidak semuanya kok ).

3. Thoyib dari Kertapati.
Thoyyib (biasa dipanggil dengan abah Thoyyib) mendirikan sebuah kelompok Paguyuban Masyarakat Palembang Bersatu (PMPB), yang didirikan tahun 2000, diprakarsai oleh dua preman yaitu Atai dan Thoyib. Disebut fenomenal karena, kelompok ini merupakan yang terbesar di antara kelompok lainnya. Disamping itu, ia sudah menjadi sebuah organiasi yang mempunyai struktur dari tingkatan terbawah, tingkat kelurahan sampai tingkat propinsi. Thoyib sendiri menyebutnya sebagai "kelompok preman Sadar", yang mengklaim memilki lebih dari 70 Ribu anggota, yang tersebar di seluruh Sumatera Selatan. Sedangkan kelompok preman lain tidak berbentuk organisasi masa melainkan bergerak sendiri sesuai dengan situasi.
Abah Thoyib ini sudah lama sekali sadar dan insyaf. Malahan Abah thoyib ini memiliki sebuah pesantren buat anak yang kurang mampu.
Abah Thoyib tinggal di kertapati. Hampir sama seperti di tanggo buntung, kertapati salah satu daerah paling rawan di palembang yaitu kasus-kasus penodongan. Rata-rata kasus penodongan di bus kota dan daerah pasar di palembang itu biasanya pelakunya orang kertapati dan plaju.

4. Juki dari kertapati
Selain Abah Thoyib preman besar lain yang tinggal di kertapati bernama Juki.

5. Ibrahim Balak 12 dari Plaju
Daerah Plaju pada tahun 90-an sangat rawan sekali, tetapi seiring berjalannya waktu daerah plaju sekarang tidak terlalu rawan seperti dulu.

6. Murtani dari 13 ilir.
Murtani dari 13 ilir ini pada tahun 80-an ini adalah musuh bebuyutan Atai, Cuma sudah lama murtani ini ga tau kabarnya dia masih hidup atau sudah mati. jadi daerah 13ilir samo bom baru dulu pernah saling serang sampai-sampai saling bakar rumah. soalnya keluarga ane asli dari 13 ilir. Lagu "Gembel" yang sering dinyanyikan di orgen tunggal itu dulu thn 80-an berasal dari 13ilir buat ngejek dan menghina orang bom baru.
Daerah 13 ilir sekarang jadi daerah yang paling diincar oleh polisi dikarenakan banyaknya tindak kriminal disana.

7. Tanhar dari Sungai Batang.
Tanhar adalah salah satu preman terbesar dipalembang.
Dulu pernah ada kasus Tanhar beserta anak buahnya dari sungai batang sekitar 200 orang menyerang dan merusak Markas TNI/Ajen di sekojo. Ane lupa kejadiannya tahun berapa
.
8. Zombie (jombe) dari sungai batang.
Zombie (jombe) ini dikenal sebagai Duta. Karena dia sering melakukan perampokan diluar negeri sana.

9. Ucin dari Bom Baru.

10. Insani CS dari Bom Baru.

11. Jul Ganteng dari Bom Baru.
Jul ganteng ini sudah meninggal karena di tusuk / ditujah oleh orang tanggo buntung di diskotik puri indah kambang iwak. Denger-denger kabar yang belum tahu kebenarannya,katanya pelakunya masih anak buahnya Mat ijah tanggo buntung. Jul ganteng ini dulu kepala keamanan di diskotik puri indah kambang iwak.

12. Sukma dari Bom Baru.
13. Ujang pendekar dari 5 ulu.
14. Ali singo.
15. Ujang Samurai dari 10 ilir.
16. Ali tebok dari 12 ulu.
17.wawan jelek pereman perumnas dan kenten

91 komentar:

  1. Murtani itu kake saya gan beliau hilang tahun 85 sampe sekarang belum di temukan saya sekeluarga juga sudah pindah ke jakarta semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. TAUPIK PENDEKAR TANGGO BONTONG

      Hapus
    3. Soleh Baso dan Dani Baso Preman dan Rajo Laut dari kertapati masa berjaya pada tahun 80an, yang di sebut wong lamo

      Hapus
    4. Tau Jon Heri dak kertapati tahun 80an itu

      Hapus
  2. Murtani itu kake saya gan beliau hilang tahun 85 sampe sekarang belum di temukan saya sekeluarga juga sudah pindah ke jakarta semua

    BalasHapus
  3. "jemy" gm,pasar gubah dan area swarna dwipa..tanya abang abang yang masih bernafas..kenal kagak? beliau korban petrus 1983..

    BalasHapus
  4. ado lagi cek, cik musa babat toman... tahun 70an sampek 80,.. daerah jajahan km5, sport hall (kampus), hotel filia tempat prostitusi kelas atas jaman dulu... daktek tato/ dakpernah nodong/ ngerampok/ tapi disegenin kwan dan lawan....

    BalasHapus
  5. Aku lbh senang sebut mereka pendekar palembang..bkn preman

    BalasHapus
  6. Aku lbh senang sebut mereka pendekar palembang..bkn preman

    BalasHapus
  7. Aku sebagai wartawan, pernah kerja di Plg, punya kenangan, berupa luka bekas sabetan pedang Mat Ijah. Saat aku diminta untuk menjadi pimred sebuah koran, yang diterbitkan utk tujuan tertentu. Pihaik yang merasa dirugikan dengan pemberitaan koran itu mengirim Mat Ijah cs.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahar, pendekar terminal sako,...asal OKI

      Hapus
    2. Bahar, pendekar terminal sako,...asal OKI

      Hapus
    3. Materi Ijah alias Muhammad Rifai meninggal tgl 25-12-2017, karena angin duduk (jantung), dikubur di kandang kawat bukit lama

      Hapus
    4. Uju karim preman pasar cinde yg sangat disegani..

      Hapus
  8. Midi preman pakjo 80 90an

    BalasHapus
  9. Midi preman pakjo 80 90an

    BalasHapus
  10. Marsuki (suki ropong) KAG,datuk oni,n barokah..inilah nama2 petinggi pereman besar sebelum ad ny nama2 d atas d era thn 70an - 82..n 3 nama ini lah yg mendirikan KB (Kampung Baru)..masih hidup n sdh insyaf, sekarang mereka ad d tanggrang fropesi kiyai kecuali datuk oni yg sdh wafat..ibrahim balak 12 n juki (wak gajah) adhlh kelg mereka..by wantek kayuagung (2006 1 lawan 18 d bawah jembatan penyebrangan muhamadiyah plg)

    BalasHapus
  11. Marsuki (suki ropong) KAG,datuk oni,n barokah..inilah nama2 petinggi pereman besar sebelum ad ny nama2 d atas d era thn 70an - 82..n 3 nama ini lah yg mendirikan KB (Kampung Baru)..masih hidup n sdh insyaf, sekarang mereka ad d tanggrang fropesi kiyai kecuali datuk oni yg sdh wafat..ibrahim balak 12 n juki (wak gajah) adhlh kelg mereka..by wantek kayuagung (2006 1 lawan 18 d bawah jembatan penyebrangan muhamadiyah plg)

    BalasHapus
  12. Alm.Takim.
    Syakroni
    Dari tembok batu plaju.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2 uong ini paling di segani.. dan jugo preman yg plg rendah hati.

      Hapus
  13. Mat ijon preman antara gandos sampe tangga buntung

    BalasHapus
  14. Mat ijon preman antara gandos sampe tangga buntung

    BalasHapus
  15. Kiboy dari tapati terknl dri th70-80 dk tau skrng, lh ktk kabar

    BalasHapus
  16. setahu saya,kalau dulu pentolan preman palembang namanya aaf 22 ilir,mang af ketua danger boy,kalau yg pegang pasar 16 ilir tahun 60an namanya kowi pendekar

    BalasHapus
    Balasan
    1. almarhum aaf tuh wong paling jago silat kaki be pecak tangan sangking lincah nyo..preman" di pucuk tuh klu duel 1 lawan 1 insaAllah KO galo oleh mang aaf

      Hapus
  17. Kalau pareman palembang setau saya cuman bang Kadir, tapi kalau main ke padang jual saja nama yan genk, semua orang padang tau sama yan genk.

    BalasHapus
  18. Pakcik roni alias syakroni dari plju ujung.. tembok batu

    BalasHapus
  19. Balasan
    1. Kandar gilo ni alias kandar belando bukan namanya? Kalo Iyo beliau cs bapak saya. (Mustar tanggo buntung) kami sekarang lah pinda ke jambi

      Hapus
    2. Nah mustar tanggo buntung leting aba aku sopian kedukan, smo kwan nyo taufik mang ireng samo taufik pendekar

      Hapus
  20. Heri...preman sebelum atai..dan mata Ija..

    BalasHapus
  21. Boncel perumnas. Preman Budiman.

    BalasHapus
  22. Boncel perumnas. Preman Budiman.

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Asslmkm,
    Di daerah pasar gubah itu ad namony Abah Ibrahim & anak ny "Ayeb" (tp bapak dan anak ini sdh meninggal)

    Ad jugo kyai macan (setau aku masih ad klo kyai macan)

    BalasHapus
  25. preman Besak PALEMBANG tuh MAN BALOK

    BalasHapus
  26. Aku mustar yg dulunyo seperkaro samo sinjung(alm.adik atai),alidin,dungcik,wak ali,wak hasan,ujang.perkaro di 8 ilir lr sampurno.makmano galoh kabarnyo? Salam,buat heri karundeng lr kebon manggis yg dulunyo pernah ke malang ke rumah ku.
    Bls...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalu boleh tau mustar balek mano dulu nyo

      Hapus
  27. Klo aku ni masih bau kencur namo aku endang di ambek dari namo pentolan palembang jugo...
    Asal komring
    Dk tau tentang preman tp bapak aku pernah ngubek kota palembang...

    BalasHapus
  28. Sekarang kami hijrah dari palembang

    BalasHapus
  29. Mustar tanggo batu bukan?

    BalasHapus
  30. Dhonny smule
    Sosok lemah lembut dan bijak menyapa baik dengan sesama mudah akrab dgn org tapi dhonny di segani org sekitar Karnah dia tidak pernah di ganggu tapi kalau di ganggu basa kamu.. tinggal panca samudra Parak tanggung buntung

    BalasHapus
  31. Nexon asal pebem/gandus
    Yani asal pebem/gandus
    Sukri asal pebem/gandus
    Dhony smule asal pebem/gandus
    Gani/kiyai asal pebem/gandus
    Anto asal pebem/gandus
    Pereman lamo di segani org sekitar

    BalasHapus
  32. Hasan mapendos preman km 5 ...preman Buto 9 kebal..tapi akhirnyo meninggal Karno tahu kelemahan nyo

    BalasHapus
  33. Liat di you tube ga tau muncul begitu aja 7 preman besak di palembang, langsung searching di google dapetlah blogspot ini, ada sebenernya premen yang sangat ditakutin bahkan hampir semua preman besak yg diatas ga berani sama dia Namanya Tandri (biasa nama di lapangan) bapaknya pernah menjabat atau pejabat meliter di kodam 2, pernah suatu ketika dia main bola mendatangin semua perjudian bola gelinding dan memasang taruhan ketika meja gelinding sudah mau berhenti berputar otomatis dia menang terus dan kalau tidak ditimbang pasangannya ga segan segan dia para pereman yng membekingin cukong bandar judi ga berani macam macam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masih hidup TANDRI ANAK KOLONEL WAHAB SAROBU, BILANG ADA SALAM DARI KARDAK KOTA PRAJA PREMAN BOOM-BARU, KEPONAKAN TUAN SILA, SIAPA YANG TIDAk KENAL SAMA TUAN SILA YANG ISTRINYA BERNAMA NYONYA MASJIPA DULUR JAKSA AGUNG R,SUPRAPTO, KALAU MASIH HIDUP PAK TANDRI ANAK KOLONEL WAHAB SAROBU MANTAN PEJUANG BILANG ADA SALAM DARI KARDAK KOTA PRAJA BOOM-BARU MASIH HIDUP SUDAH INSYAF.

      Hapus
    2. Kalau masih hidup TANDRI ANAK KOLONEL WAHAB SAROBU, BILANG ADA SALAM DARI KARDAK KOTA PRAJA PREMAN BOOM-BARU, KEPONAKAN TUAN SILA, SIAPA YANG TIDAk KENAL SAMA TUAN SILA YANG ISTRINYA BERNAMA NYONYA MASJIPA DULUR JAKSA AGUNG R,SUPRAPTO, KALAU MASIH HIDUP PAK TANDRI ANAK KOLONEL WAHAB SAROBU MANTAN PEJUANG BILANG ADA SALAM DARI KARDAK KOTA PRAJA BOOM-BARU MASIH HIDUP SUDAH INSYAF.

      Hapus
    3. Kalau masih hidup TANDRI ANAK KOLONEL WAHAB SAROBU, BILANG ADA SALAM DARI KARDAK KOTA PRAJA PREMAN BOOM-BARU, KEPONAKAN TUAN SILA, SIAPA YANG TIDAk KENAL SAMA TUAN SILA YANG ISTRINYA BERNAMA NYONYA MASJIPA DULUR JAKSA AGUNG R,SUPRAPTO, KALAU MASIH HIDUP PAK TANDRI ANAK KOLONEL WAHAB SAROBU MANTAN PEJUANG BILANG ADA SALAM DARI KARDAK KOTA PRAJA BOOM-BARU MASIH HIDUP SUDAH INSYAF.

      Hapus
  34. Di boom-baru gerombolan preman lama pendiri GIBB adalah ayub, kardak kota praja,nanang, mael,baki jagalan,leket,Markum,kunok, itulah preman lama boom baru dari tahun 1967-1980, pada waktu itu nama atai belum ada apa-apa nya, peristiwa serang-serangan tahun 1971 dengan budak 8 Ilir, budak 8ilir diketuai kepala kampung Jainuri, disinilah preman kardak kota praja boom-baru yg merajainya. Preman mana saja seangkatan tahun itu pasti tahu dengan kardak kota praja boom-baru, termasuk ATAY PASTI TAHU. ITULAH ALGOJO BOOM-BARU PADA WAKTU ITU.

    BalasHapus
  35. Pada waktu itu algojo boom-baru adalah Ayub dan Nanang, tapi ditaklukkan oleh kardak kota praja BOOM-BARU, SKR KARDAK KOTA PRAJA BOOM-BARU SUDAH INSYAF DAN MENJADI PNS PADA TAHUN 1985 SETELAH PERISTIWA MISTERIUS DAN AYUB MEBJADI PEGAWAI PELABUHAN BOOM-BARU. INI INFO AKURAT TENTANG PREMAN BOOM-BARU. THANKS

    BalasHapus
  36. Pada waktu itu algojo boom-baru adalah Ayub dan Nanang, tapi ditaklukkan oleh kardak kota praja BOOM-BARU, SKR KARDAK KOTA PRAJA BOOM-BARU SUDAH INSYAF DAN MENJADI PNS PADA TAHUN 1985 SETELAH PERISTIWA MISTERIUS DAN AYUB MEBJADI PEGAWAI PELABUHAN BOOM-BARU. INI INFO AKURAT TENTANG PREMAN BOOM-BARU. THANKS

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. Mamat jinggo dari 10 ilir,, lr.tapakning,,

    BalasHapus
  39. Mamat jinggo dari 10 ilir,, lr.tapakning,,

    BalasHapus
  40. Chandol dari perumnas sako tahun 80-90an

    BalasHapus
  41. Chandol premas perumnas sako tahun 80-90an

    BalasHapus
  42. Ado dijakabaring Taufik pendekar Cs deket rombongan thoyib,alm wak gajah,yai takim

    BalasHapus
  43. Taufik pendekar tu dlu jagoan nyo hero diskotik princes dlu,katek yg berani ngangu jagoan nyo sampe skeng di gor jakabaring jagoanyo wong nyo tinggal di panca usaha

    BalasHapus
  44. Pak Sam yang pernah mengang kertapati tahun 70an smpe skrg masih di seganii

    BalasHapus
  45. Ado contact yg pacak di hbungi dk yo preman" itu..klok ado pm ke nmornyo lgi prlu nian aku

    BalasHapus
  46. kalo setahu saya di prumnas junai

    BalasHapus
  47. Kelly plaju dak tekenal dak benamo, bekucak diluar palembang

    BalasHapus
  48. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  49. Lor julukan preman itu bukan kendak dewek karena terpakso, nah kalo ado wong baek dak melawan jangan ditindes lor, ksian cak mano kalo di posisi kmu.ujung2 nyo terpakso kan melawan. Semut kalo di injek lor ngigit jugo lor. Kalo ado jiwo pendekar sejati dak bakalan di tunjuke nyo lor, kecuali dengan sangat sangat terpakso nian. Jdi hargoilah kaum yg lemah, sayangi anak yatim piatu. Maaf lor kalo ado ucapan aku yg salah, tolong di maafke.ngingetke bae lor sesamo wong plembang.salam sedolor . Peace.

    BalasHapus
  50. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www , SmsQQ , com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com


    bosku minat daftar langsung aja bosku^^

    BalasHapus
  51. Derus preman 9 ilir tahun 80/90 palembang

    BalasHapus
  52. Preman musi rawas sape?

    BalasHapus
  53. Kalo Usman Bugis jupni Jupri preman jg ga

    BalasHapus
  54. Kalau Di daerah kami ogan Ilir Indralaya (pegagan) lemak dak katek preman. Asal ser laju.

    BalasHapus
  55. Gunawan hairi alias Nawan dari sekojo jgn idk di masukke

    BalasHapus
  56. Kuyung kritis bukan preman tapi disegani para preman dipalembang,Alm mat Ijah orang Lampung pun tau namanya

    BalasHapus
  57. Bang Risdan bukan preman tapi banyak jg yg segani beliau dan org nya baik serta chengly dg kawan

    BalasHapus
  58. Pejalanan kisah ujang samurai.10.ilir.kakanda ujang samurai adalah pendekar bukan preman.dia meyebut duel itu indah.dan tidak perna keroyokan.kalu dia neman di keroyok lawan ya.($$$).

    BalasHapus
  59. Buyut preman misterius,, budak 1ilir ,,,siapo yg dak kenal buyut giler2

    BalasHapus
  60. Lucu dulur2 ni.. Selalu ngomong siapo dak kenal siapo dak kenal..lah aku ini katek yg kenal sikok pun.

    Kito ini dikenalke dan dikumpulke dgn wong2 yg samo setipe.

    Klo kito baek kumpul mesti samo wong baek

    Klo bandit mesti kumpul bandit..entah jd kawannyo..ato d anak buahnyo..

    Itu bae kalu blh koment

    BalasHapus
  61. Soleh Baso dan Dani Baso dari kertapati wong lamo di era 80an, Ado yg tau dak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf yo tau aku kak, wak sholeh tu Ayahnyo kak iyan yo kak.

      Hapus
    2. Yo bener dek,

      Hapus
  62. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  63. Soleh singapur,bapaknyo freeman,men tau samo dio berarti wong lamo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyo bener dek, wong lamo turun menurun

      Hapus
  64. Mat Ambon preman pasar16

    BalasHapus

If you find any difficulty please comment below .... ^ _ ^