Terima kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi

Kamis, 15 Desember 2011

APLIKASI PENGGAJIAN

4.1 Rancangan Database
Pengajian merupakan salah satu aplikasi pengolahan database yang paling banyak dijadikan contoh dalam tugas akhir atau skripsi karena desain databasenya membentuk konsep One To many denganlevel 3NFAplikasi penggajian ini memiliki banyak ragamnya sesuai kebijakan masing-masing perusahaan. Untuk membuat aplikasi penggajian ini langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat project baru, kemudian simpan project tersebut di folder tertentu, setelah itu barulah membuat database.
Catatan utama adalah menyimpan database sebaiknya di posisi bin > Debug folder project. Rancangan database dalam aplikasi penggajian ini dapat dilihat pada CD pendukung buku. Secara garis besar tabel-tabel dalam aplikasi penggajian ini terdiri dari :

4.2 Normalisasi File Dan Relasi Tabel
Normalisasi file dalam aplikasi penggajian terlihat pada gambar di bawah ini.
4.3 Membuat Module
Tujuan pembuatan Module adalah untuk mempercepat dan mempermudah akses ke database. Koneksi cukup dibuat satu kali tetapi dapat dipanggil berkali-kali di setiap form dalam project yang yang sangkutan. Cara membuat module adalah klik menu menu Project > add module < Add, kemudian ketiklah coding berikut ini.
Imports System.Data.OleDb

Module Module1
    Public Conn As OleDbConnection
    Public da As OleDbDataAdapter
    Public ds As DataSet
    Public cmd As OleDbCommand
    Public rd As OleDbDataReader
    Public str As String

    Public Sub Koneksi()
        str = "provider=microsoft.jet.oledb.4.0;data source=DBpenggajian.mdb"
        Conn = New OleDbConnection(str)
        If Conn.State = ConnectionState.Closed Then
            Conn.Open()
        End If
    End Sub
End Module
4.4 Menu Utama
Menu utama berfungsi untuk mengintegrasikan semua form dalam satu project. Pembahasan tentang pembuatan menu utama berikut MenuStrip dan StatusStrip telah dilakukan pada bab 1 dan silakan dipelajari kembali. Adapun pembuatan Toolbar dengan TabControl akan dibahas pada bab berikutnya.


4.5 Form Petugas
Form petugas berguna untuk mengolah data kasir (petugas) yang mengoperasikan aplikasi. Status petugas yang login akan menentukan hak akses terhadap aplikasi tersebut.
4.6 Login
Form login digunakan sebagai sarana keamanan penggunaan aplikasi agar tidak sembarang orang melakukan pengolahan data dan melakukan transaksi di dalam aplikasi ini. Form login juga berguna untuk menentukan hak akses pengguna aplikasi pada menu-menu tertentu sesuai dengan otoritasnya.
Coding dan penjelasan
Pada saat Button1 diklik, maka carilah data petugas yang nama dan passwordnya terdapat pada textbox1 dan 2, jika data ditemukan maka tampilkan menu utama dan tampilkan pula Kode petugas, nama petugas dan status petugas di masing-masing panel, jika panel 3 di menu bukan Administrator, maka matikan menu kasir. Jika data tidak ditemukan maka tampilkan pesan bahwa nama user dan password salah.
4.7 Form Golongan
4.8 Form Jabatan
4.9 Form Potongan
4.10 Form Pegawai
4.11 Transaksi Penggajian
Proses yang terjadi dalam form penggajian adalah sebagai berikut :
1.              Pada saat form dipanggil, tampilkan nomor slip gaji otomatis, tanggal transaksi
2.              Ketika mengisi NIP, sistem akan mencari NIP yang sudah gajian di bulan ini, jika data tidak ditemukan maka lanjutkan ke pengisian jumlah hadir dalam sebulan
3.              Kemudian dilanjutkan dengan pengisian jumlah jam lembur dalam sebulan
4.              Kemudian dilajutkan dengan pengisian rincian potongan mulai dari pajak sampai asuransi jiwa.
5.              Jika data sudah benar, maka klik button simpan
4.12 Laporan Data Master
Tahapan pembuatan laporan dilakukan dengan lanhkah-langkah sebagai berikut :
1.              Membuat laporan dengan Crystal Report. Pembuatan laporan ini ada dua cara.
2.              Membuat form khusus untuk menampilkan laporan. Form ini hanya terdiri dari sebuah object CrystalReportViewer dengan properti DOCK = FILL dan form dalam kondisi maximized
3.              Membuat form pemanggil laporan

Hasil dari laporan-laporan tersebut terlihat pada gambar di bawah ini :
4.13 Laporan Penggajian
1.              Langkah pembuatan laporan penggajian sama dengan pembuatan laporan data master, yaitu membuat laporan penggajian dengan bentuk sesuai kebutuhan, membuat form khusus untuk menampilkan Laporan, dan membuat form pemanggil laporan.

Hasil laporan terlihat pada gambar di bawah ini:
4.14 Ganti Password
Ganti password user hanya berlaku bagi user yang sedang mengoperasikan aplikasi saja, indikasinya terlihat pada StatusStrip di panel 1.
4.15 Manual Book Aplikasi Pengajian

1 komentar:

If you find any difficulty please comment below .... ^ _ ^