Terima kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi

Sabtu, 08 Maret 2014

Temukan Fosil Dinosaurus Terbesar Dunia


Foto: REUTERS/SERGEY KRASOVSKIY/
Foto: REUTERS/SERGEY KRASOVSKIY/
 Ilmuwan Portugal berhasil mengidentifikasi dinosaurus pemangsa terbesar yang pernah hidup di daratan Eropa. Dikenal dengan nama Torvosaurus gurneyi, mahluk karnivora itu diperkirakan memiliki panjang 10 meter dan berat antara 4 hingga 5 ton.

Tulang-tulang fosil dari dinosaurus itu diangkat dari sebuah jurang di Praia da Vermelha di utara Lisbon. Aspek-aspek lain tentang dinosaurus ini dideskripsikan di edisi terbaru jurnal Plos One.

Hewan ini dikategorikan sebagai theropod, yakni pemangsa daging berkaki dua yang mirip tyrannosaurus rex (T-Rex). Namun dinosaurus ini hidup di masa yang lebih awal yaitu di akhir periode Jurassic, sekitar 150 juta tahun silam.

"Kita semua tahu tentang T-rex, tapi Torvosaurus adalah hewan yang berbeda," kata Prof Octavio Mateus dari New University of Lisbon.

Para ilmuwan sudah menggali sejumlah bagian tubuh milik Torvosaurus dari formasi batu Lourinha di Portugal. Spesimen ini memiliki telur dan embrio. Spesimen yang kemungkinan besar milik spesies ini mencakup tulang rahang atas, gigi dan sebagian tulang ekor yang merupakan sisa-sisa temuan lainnya pada 2003.

"Dinosaurus kami adalah Jurassic. Perbedaan usianya sangat mengejutkan yaitu 80 juta tahun. Jadi ketika T.rex berjalan di muka bumi, Torvosaurus sudah menjadi fosil," kata Mateus.(esy/jpnn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

If you find any difficulty please comment below .... ^ _ ^